Breaking News

NASI PECEL JAWA TIMUR - AN

Nasi pecel merupakan salah satu kuliner daerah yang terkenal di Indonesia, dan merupakan salah satu kekayaan kuliner nusantara.

Nasi pecel adalah makanan perpaduan antara nasi, sayur rebus dan bumbu kacang yang sudah tentu ada peyek nya. Asal mula pecel masih belum di ketahui pastinya.

Namun dari beberapa sumber, pecel berasal dari daerah jawa timur. Karena disana banyak terdapat warung yang menyajikan kuliner satu ini.

Nama pecel sendiri dalam bahasa jawa artinya adalah tumbuk-an / ulek-an, seperti yang bisa kita lihat bumbu kacang yang di ulek atau di tumbuk dan di tambahkan rempah-rempah itu menjadi ciri khas dari pecel.Rasa dari bumbu kacang tersebut yang memberikan rasa nikmat pada nasi pecel.


Pecel adalah makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk pauk dengan siram-an bumbu sambal kacang.

Sayuran yang gunakan antara lain adalah kacang panjang, kecambah, mentimun, daun singkong, daun kemangi, daun pepaya dan masih banyak lagi tergantung selera yang memasak.













Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel biasa disebut sambal pecel. Sambal pecel tersebut terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, daun jeruk purut, dan kacang tanah yang dicampur, ditumbuk, atau di ulek.


Untuk penyajiannya, agar menarik maka di sajikan dengan alas yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khas kota asal pecel tersebut, seperti pincuk daun jati, pincuk daun pisang, piring kaca, atau-pun piring rotan.

Untuk kesehatan, makanan satu ini tidak di ragu-kan lagi. Seperti salad, pecel memiliki sayur-sayuran yang kaya akan gizi bagi tubuh kita. Bisa di bilang nasi pecel merupakan salad-nya Indonesia.





Di Indonesia sendiri kuliner satu ini menyebar di beberapa  daerah, khusus-nya di pulau jawa. Banyak variasi pecel yang sudah ada, yaitu dengan penyajiannya yang berbeda, lauk pauk nya dan bahkan rasa yang berbeda namun masih menggunakan ciri khasnya yaitu bumbu kacang dan sayur-sayuran.


Contohnya seperti ini :

⇎  Nasi pecel pincuk madiun

Nasi pecel satu ini adalah salah satu yang  terkenal. Seperti namanya pecel ini merupakan pecel ciri khas dari madiun, jawa timur. Pecel ini biasanya di sajikan dengan daun pisang yang di buat pincuk. Pecel satu ini menggunakan campuran daun pepaya serta berbagai sayuran rebus, petai cina dan di taburi serundeng kelapa dan kacang goreng. Aneka lauk sebagai pelengkap seperti rempeyek, tahu dan tempe goreng, telur asin, hati ampela, dan lauk pauk lainnya. Yang membedakan pecel ini dengan lainnya adalah sayuran dan lauk pauk serta penyajiannya.

⇎  Nasi Pecel Malang

Pecel satu  ini merupakan pecel khas dari malang jawa timur. Sama seperti pecel lainnya, namun yang membedakan pecel ini dengan lainnya adalah bumbu yang memiliki cita rasa yang kuat. Untuk bumbu kacang-nya memiliki tekstur yang sedikit kasar sehingga memiliki sensasi kriuk pada bumbu kacang nya. 

⇎  Nasi pecel tumpang Kediri

Pecel satu ini merupakan pecel khas dari Kediri. Yang membedakan dengan pecel lainnya adalah dengan penyajian nasi tumpang yang membuat tampilan menarik. Selain itu, cita rasa bumbu nya yang khas akan menambah kenikmatan pada nasi pecel satu ini.

⇎  Nasi pecel tulung agung

Pecel dari tulung agung ini sama dengan pecel lainnya dengan bumbu  khas yang manis dan pedas. Namun yang membedakan adalah sajian lauk pauknya. Tidak seperti lainya, dengan lauk pauk yang berbagai macam, pecel tulung agung ini tidak menyajikan lauk pauk seperti ayam, telur dan lain lain. Namun dengan tempe, rempeyek, kripik singkong dan lain- lain.

⇎  Nasi pecel blitar

Pecel dari blitar ini sedikit unik, selain dengan bumbu yang khas pecel ini biasa di sajikan dengan serundeng atau rawon. 

⇎  Nasi pecel nganjuk

Nasi pecel dari nganjuk, jawa timur ini juga sedikit unik. Salah satu yang terkenal adalah nasi pecel bledek nganjuk. Sesuai dengan namanya yaitu bledek yang berarti menggelegar seperti petir, pecel ini merupakan pecel yang pedas sehingga terasa menggelegar di lidah. 

Dari contoh di atas terlihat jelas perbedaan nasi pecel dari berbagai daerah. Yaitu dengan rasa yang berbeda dan cara penyajian nya yang berbeda. 

Sebenarnya masih banyak macam nasi pecel yang ada di Indonesia yang patut untuk di coba dan memiliki ciri yang berbeda pula. Bagi anda yang belum pernah mencoba, maka di sarankan untuk mencoba satu persatu jenis kuliner satu ini. kenapa? Agar kita bisa mengerti tentang kekayaan kuliner negeri kita ini dan bangga akan kuliner negeri tercinta ini.

Tidak ada komentar