Breaking News

Tips Untuk Merawat AC Mobil


Goldcaptain - Sebagai pengemudi mobil, Kapten pasti sering menemukan permasalahan AC yang membandel, seperti AC jadi bau apek atau kurang dingin.

Berikut info yang kapten lansir dari GITA TPI, beberapa tips untuk merawat AC mobil agar tetap dingin dan awet:

1. Gunakan Pengharum
Mobil Berkualitas Merawat AC mobil biar awet dapat dilakukan dengan tidak menggunakan pengharum mobil yang berkualitas rendah, karena dapat mengotori evaporator dan sulit dibersihkan.

Kotoran dan debu tersebut dapat menempel di evaporator dan menjadi penyebab tumbuhnya jamur penyebab bau apek dan kurang sedap. Asap rokok yang mengandung nikotin dapat lengket pada evaporator dan menjadi berlendir.

2. AC Tidak Dingin
Banyak pemilik mobil yang mengeluhkan AC mobilnya tidak dingin. Hal itu bisa disebabkan oleh permasalahan freon dan kebocoran pada selang atau pipa AC karena usia, pemakaian part yang kurang baik atau tidak original.

3. Ketika menyalakan mobil pastikan posisi AC dalam kondisi mati
Tunggu hingga kerja mesin stabil baru kemudian menyalakan AC.

4. Parkir di Tempat Sejuk

5. Jangan Merokok Ketika AC menyala
Asap rokok akan terhisap ke dalam blower dan asap itu akan tertumpul pada evaporator sehingga evaporator akan kotor karena kotoran-kotoran akan mengganggu kinerja evaporator, dan pastinya akan berdampak pada kerja AC. 

6. Lakukan Servis Pada AC Mobil Secara Berkala
Setiap 6 bulan / 10rb km : gantilah filter kabin. Setiap 1 tahun yaitu service berkala yang meliputi service ringan yaitu servis blower dan kondensor dan ganti filter dryer.

Setiap 2 thn, service besar meliputi servis evaporator, blower, kondensor, mengganti dryer dan filter kabin dan otomatis lakukan vaccun+oli dan pengisian freon kembali. 

7. Periksa Putaran Extra Fan
Jika AC mobil sudah menggunakan kipas kondensor atau extra fan, sebaiknya periksa AC secara teratur atau berkala sehingga selalu mengeluarkan udara yang sejuk dan bekerja secara normal.

8. Gunakanlah Filter Kabin

9. Jangan Buka Jendela
Langkah berikutnya untuk merawat AC mobil biar awet yaitu jangan membuka jendela ketika AC sedang menyala karena akan membuat kotoran atau debu dari luar akan ikut masuk.

10. Jangan Matikan AC dalam Waktu Lama
AC mobil yang tidak pernah dihidupkan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan AC jadi rusak karena selang dan belt AC akan cepet kering dan kinerjanya tidak akan berjalan optimal.

11. Matikan AC Sebelum Mematikan Mesin Mobil

12. Cegah Kebocoran AC
Untuk mencegah kebocoran, Kapten bisa memeriksa bagian-bagian dari AC seperti lubang drainase, selang, dan segel gasket. Jangan lupa juga untuk membersihkan lubang drainase yang bisa kita ditemukan pada pan kondensasi, memeriksa selang untuk mengetahui apa sudah aus apa belum.

13. Menjaga RPM Mobil
Dengan menjaga RPM mobil, putaran Rpm yang kecil akan berpengaruh terhadap perfoma AC mobil. Karena itu, sebaiknya Kapten sering mengecek kondisi RPM mobil supaya terhindar dari kerusakan ac.

Semoga bermanfaat ya infonya!

Tidak ada komentar