Breaking News

Etika Sopan Santun Di Dunia Maya Baik Sosial Ataupun Media

Goldcaptain | Selasa, 23/07/2019 | 01:36 WIB

   Etika

Sopan Dan Santun

Goldcaptain - Menjadi makhluk sosial dengan baik. Tidak hanya di dunia nyata, tapi sobat bisa lakukan itu di dunia maya baik sosial maupun media, dengan memberikan tanggapan, aspirasi dan apa pun yang bisa sobat lakukan.

Ingat, berkomentarlah dengan baik dan bijak, supaya kita bisa memberikan manfaat untuk siapapun di dumay ini.

A. Ingatlah bahwa kita semua manusia

Perlakukan orang lain seperti anda ingin diperlakukan. Ketika mengirim email kita hanya berhadapan dengan layar komputer. Kita tidak bisa melihat langsung ekspresi, mimik wajah, gerak tangan atau suara lawan bicara kita, kita hanya punya kata-kata.

Jadi, pusatkan perhatian pada kata-kata yang anda ketik-kan, ekspresikan diri anda secara bebas dengan tentu saja mempertimbangkan perasaan lawan bicara kita.

B. Jangan Emosi (flaming)

Ketika berdiskusi dengan orang lain melalui medium dunia maya, jangan terpancing emosi dan kemudian mengeluarkan kalimat yang menyerang.

Ketika ada yang tidak setuju dengan sudut pandang anda, gunakan cara yang elegan untuk menunjukkan kalau anda tidak setuju, berdebatlah dengan kepala dingin.

C. Hargai waktu orang lain

Jaman sekarang orang kadang merasa waktu semakin sempit. Pastikan ketika anda mengirim email, posting blog atau apapun itu jangan sampai dianggap membuang-buang waktu orang lain, apalagi bila posting yang anda kirim sama sekali tidak berguna.

D. Jangan sok tahu di dunia maya 

Sebelum memposting sesuatu, atau menyebar sebuah pesan pastikan anda tahu apa yang akan anda sebar. Perhatikan dengan seksama isi dari pesan yang anda kirimkan.

Informasi salah atau tidak berguna yang anda sebar di internet akan menyebar dengan cepat, salah-salah akan membuat nama anda jelek. Percuma berusaha membuat orang lain kagum pada anda kalau pesan yang anda sebar sebenarnya tidak berguna.

E. Sebarkan hanya yang berguna

Bila memutuskan untuk menyebarkan pesan atau apapun itu, pastikan pesan itu memang berguna bagi orang banyak utamanya bila menggunakan jalur pribadi. Jangan takut untuk menyebarkan informasi yang memang berguna.

F. Jangan Menulis Dengan Huruf Besar

Kesannya anda sedang berteriak dan jelas tidak enak dipandang. Tak apa menggunakan huruf kapital pada satu atau dua kalimat tapi jangan seluruhnya.

Harap diingat juga untuk tidak menggunakan tanda seru atau tanda tanya yang lebih dari satu.

Baca juga: Masyarakat dan Gadget

G. Perhatikan ejaan

Ingat kalau tidak semua lawan bicara anda adalah anak-anak ABG yang memang senang menggunakan bahasa alay, ingat juga kalau menggunakan singkatan usahakan menggunakan singkatan yang memang umum dan gampang dimengerti orang.

Yah, setidaknya itu sebagian petunjuk tentang netiquette yang harus selalu kita ingat ketika berinteraksi dengan orang lain di internet atau di dunia maya.

Ingatlah bahwa sopan santun dan etika akan menggambarkan siapa anda yang sebenarnya. Tak perlu berpura-pura, yang penting kita tahu menjaga perasaan orang lain.

Tidak ada komentar