Breaking News

Perbedaan Seorang Teknik Sipil dan Seorang Arsitek

Goldcaptain.com | Rabu, 12/06/2019 | 23:05 WIB

  Infrastruktur


Goldcaptain - Jurusan teknik sipil belajar untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan matematika untuk perencanaan, konstruksi, dan pemeliharaan fasilitas, baik negeri maupun swasta, yang penting bagi masyarakat industri.

Program studi Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. 

Mempelajari ilmu Teknik Sipil, akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Juga akan memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien. Di jurusan Teknik Sipil juga akan mempelajari dasar rancangan arsitektur.

Teknik sipil punya peran yang sangat penting terhadap kehidupan manusia, ilmunya berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Kemajuan teknologi transportasi akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur, seperti perluasan jalan, pembangunan jalan toll, underpass, flyover, dan lain-lain.

Perubahan lingkunganpun akan berpengaruh terhadap pembangunan. Unsur cuaca, iklim, struktur tanah, dan gempa bumi, menjadi pertimbangan penting dalam pembangunan gedung dan infrastruktur. Karena itu para profesional di bidang Teknik Sipil haruslah cermat dan teliti.

Insinyur sipil bekerja pada bangunan; pada proyek-proyek berskala besar seperti jembatan, bendungan, jalan raya, sistem kontrol lingkungan, dan sistem pemurnian air; dan struktur lainnya baik di lingkungan perkotaan dan pedesaan.

Sejak berada di sekolah dasar, kita sudah disuguhi berbagai rumus matematika untuk dipelajari. Saat dewasa, mungkin kita akan bertanya Tanya. Apakah matematika di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Jawabannya adalah “Pasti”.

Disadari atau tidak, matematika berperan penting dalam perencanaan dan perhitungan setiap kontruksi. Akurasi perhitungan ini akan berimbas besar pada kekokohan dan fungi bangunan.

Salah satu orang di balik layar yang bertanggung jawab pada semua fasilitas yang dibangun tentu saja adalah mereka para insinyur teknik sipil. Seorang teknik sipil biasa bekerja untuk membangun maupun mengontrol fasilitas public dengan ilmu pengetahuan dan matematika yang mereka miliki.

Beberapa project besar yang biasa mereka tangani adalah Jembatan, jalan raya, bendungan dan system pengairan. Apakah jurusan ini untukmu?

Kamu mungkin menyukai jurusan ini jika Anda juga menyukai : 
  • Bagaimana sebuah benda bekerja
  • Membangun sesuatu
  • Mengamati banyak hal 
Jika kamu suka menyelesaikan masalah dengan membagi masalah-masalah itu kedalam penalaran logis maka teknik sipil adalah pilihan yang tepat.

Pertimbangkan jurusan ini jika kamu mempunyai naluri :
  • Memperhatikan detail
  • Matematis
  • Organisasi
  • Penelitian
  • Pekerja sama
  • Inisiatif 
  • Verbal skill
Apakah perbedaan seorang teknik sipil dan seorang arsitek?

Seorang teknik sipil dan arsitek sering kali bekerja sama dalam sebuah pembangunan gedung atau fasilitas umum.

Walalupun sama-sama merencanakan, arsitek lebih fokus pada ide, rancangan dan kemungkinan pelaksanaan yang dituangkan dalam sebuah kertas.

Setelah selesai, pekerjaan akan diestafet ke para staff teknik sipil. Pada tahap ini, staff teknik sipil akan melaukan perbaikan/ saran perencanaan kemudian ikut serta memantau jalannya pembangunan.


Bukan hanya itu, mereka juga biasa memberikan saran financial untuk cost efektif pembangunan.

Seorang Teknik sipil biasa disebut “the people-serving profession”. Julukan ini mereka dapat setelah banyak berperan dalam pembangunan dan perawatan fasilitas umum. Julukan lain yang ditujukan oleh masyarakat kepada seorang teknik sipil adalah “ahli matematika”.

Jelas, seluruh tahap pekerjaan mereka menggunakan matematika kalkulus serta ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar