Breaking News

Patuk jajar, Margopatut, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur 64475

Patuk jajar, Margopatut, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur 64475
Hasil gambar untuk gunung wilis nganjuk
Patuk jajar merupakan sebuah dusun di desa margopatut, berkecamatan di sawahan. Sawahan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan Sawahan terletak di bagian paling selatan Kabupaten Nganjuk, tepatnya 27 km ke arah barat laut dari pusat kabupaten.
Sawahan berada di kaki Gunung Wilis yang menyebabkan suhu udara di daerah ini cukup sejuk. Di Sawahan juga terdapat objek wisata alam berupa air terjun Sedudo.
Patuk jajar jika di lihat dari peta google maps sebagai berikut;


Patuk jajar tersebut berada di sebelah barat dusun Bulak,diselatan dusun joho dan diutara dusun sidomulyo di barat patuk jajar sendiri berupa lahan perhutani (hutan) dengan geografis pegunungan. Tata kehidupan dusun patuk jajar yaitu pergaulan. Dalam kehidupan sehari-hari, tata kehidupan sosial tersebut berkaitan dengan kebiasaan masyarakat desa dan tradisi adat-istiadatnya. Unsur tata kehidupan ini yang paling menonjol di masyarakat dusun adalah ikatan kekeluargaannya yang sangat erat, hal ini dapat dilihat dari kuatnya semangat gotong royong pada masyarakat dusun. Masyarakat dusun atau community, hubungan antar individu atau kelompok sosial seringkali ditujukan dengan kesamaan suatu daerah, khususnya keterikatan pada tanah tumpah darah.
Hubungan sosial pada masyarakat dusun berada dalam satu hunian. Kesamaan hunian melahirkan persamaan sama sebagai suatu kesatuan, akhirnya menjadi ranah perasaan senasib dan sepenanggungan.

Tidak ada komentar