Breaking News

LIMA KESUKSESAN ORANG BERIMAN DIBULAN RAMADHAN

BULAN RAMADHAN adalah momentum dimana Allah SWT memberikan lipatan pahala yang sangat besar kepada hambanya. Tentu bagi orang-orang yang mau berbuat baik. Oleh karena itu, kita sekalian selayaknya memacu diri dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas ibadah di bulan ini.


1 SUKSES PUASA
Umat islam diajak untuk berhasil melaksanakan puasa sebulan penuh dengan sebaik-baiknya. Mengingat puasa adalah perintah Allah secara langsung yang termaktub di dalam Alquran, Surah Albaqoroh ayat 183. Umat diingatkan untuk tidak merusak puasa dengan perbuatan-perbuatan tertentu yang dapat membatalkan puasa. Beberapa hal yang membuat puasa tak mendapatkan pahala disisi Allah adalah marah-marah dan berbicara/melihat gambar porno. Kedua amalan ini adalah amalan yang membuat seseorang hanya lelah menahan lapar dan haus tetapi Allah tak memberi pahala kepadanya. Disamping itu, umat diingatkan untuk menjauhil hal-hal lain yang membatalkan puasa, seperti : makan dan minum dengan sengaja dan berhubungan suami-isteri disiang hari.

2.SUKSES SHALAT TARWIH
Umat diajak untuk rutin melaksanakan sholat tarwih di masjid secara berjamaah. Jangan sampai dalam sebulan ini ada malam yang kita lewatkan hingga tak melaksanakan sholat tarwih. Padahal, Nabi Muhammad telah bersabda : “man qooma romadoona iimaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzammbih.”Artinya :“Barang siapa yang berdiri di Bulan Ramadan (sholat) karena dasar iman dan mencari pahala maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang terdahulu”.Sungguh merupakan peluang besar bagi kita. Dengan melaksanakan sholat malam maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita terdahulu.

3.SUKSES BACA AL-QUR'AN
Di luar Bulan Ramadan, orang yang membaca 1 huruf Alquran, mendapat 10 pahala. Bagaimana dengan Bulan Ramadan? Tentu lebih besar lagi. Oleh karena itu, warga diajak bersama-sama untuk memperbanyak membaca Alquran.Bagi yang telah lancar membaca Alquran maka dianjurkan untuk mengkhatamkan bacaan Alquran minimal 1x. Bagi yang belum lancar maka diajak untuk belajar membaca quran lebih giat lagi agar bisa membaca Quran dengan baik.

4.SUKSES LAILATUL QODAR


Pada malam ke-21 dan seterusnya nanti kita akan menjumpai satu malam yang disebut ‘lailatul qodar’. Jika ada orang yang kebetulan sedang beribadah pada saat turunnya lailatul qodar, maka Allah akan memberi pahala kepadanya sama seperti orang yang beribadah selama 1000 bulan. Jika dihitung-hitung maka sama halnya beribadah selama 83 tahun lebih. Hal ini sesuai firman Allah yang tertera di dalam Surah Al-Qodar ayat 3-5.


5.SUKSES ZAKAT FITRAH
Setelah puasa Ramadan, Allah memberi kewajiban kepada hambanya untuk membayar zakat fitrah. Yang nantinya zakat tersebut akan dibagikan kepada 8 golongan. Fakir, miskin, amil, muallaf, budak, musafir, ghorim (orang yang keberatan hutang) dan sabilillah.



Tidak ada komentar