Breaking News

Kesuburan Pria Konsumsi Bawang Putih

Kesuburan Pria Konsumsi Bawang Putih

Goldcaptain“Rutin menyantap bawang putih bisa memberi manfaat untuk kesehatan reproduksi pria. Salah satunya meningkatkan libido.”

Bawang Putih Berkhasiat pada Kesuburan Pria? Ini Faktanya

Tidak sebatas bumbu masakan, bawang putih diklaim punya khasiat untuk reproduksi pria. Salah satu tolok ukur kesuburan seorang pria adalah jumlah dan kualitas spermanya. Jika salah satu atau keduanya bermasalah, mereka bisa sulit mendapat momongan. 

Kandungan zat allicin pada bawang putih mampu memproteksi kesuburan. Mereka mampu melancarkan peredaran darah di sistem reproduksi sehingga produksi sperma berjalan tanpa hambatan.

Khasiat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria

1. Meningkatkan libido

Sebagian ahli mempercayai kalau bawang putih adalah makanan afrodisiak. Istilah ini menggambarkan jenis makanan, minuman, ramuan, atau obat yang dapat meningkatkan libido. 

Penelitian pada hewan membuktikan kalau senyawa yang disebut S-allyl cysteine dalam bawang putih meningkatkan produksi testosteron pada tikus. Testosteron adalah hormon yang mengatur produksi sperma, membantu perkembangan alat kelamin hingga mengatur libido pria. Sayangnya, butuh penelitian lebih lanjut untuk melihat efeknya pada manusia. 

Walaupun hasil studi ilmiahnya masih terbatas, kamu tetap bisa mencobanya untuk mendapatkan efek libido. Konsumsi bawang putih secara rutin selama satu bulan untuk merasakan manfaatnya.

2. Mencegah impotensi

Dalam satu siung bawang putih terkandung mangan, kalsium, tembaga, selenium, vitamin B1, B6, dan C. Seluruh nutrisi tersebut bisa mencegah impotensi yang rentan menyerang pria berusia lanjut. 

Konsumsi bawang putih dalam kondisi mentah untuk mendapatkan manfaat ini. Tambahkan bawang putih ke dalam masakan jika kamu tidak suka mengonsumsi bawang mentah.

3. Melindungi fungsi prostat

Kelenjar prostat berfungsi menghasilkan cairan yang menutrisi dan melindungi sperma. Sekitar 70 persen volume air mani bahkan terdiri dari cairan ini. Produksi cairan tersebut otomatis mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Za allicin dalam bawang putih diklaim mampu mencegah proses tersebut.

Sebuah studi mengungkapkan jika pria yang rutin mengonsumsi bawang putih berisiko rendah terkena benign prostatic hyperplasia (BPH).  BPH atau pembesaran kelenjar prostat adalah penyakit yang menyebabkan aliran urine yang tersendat, buang air kecil yang tidak tuntas hingga susah buang air kecil. 

4. Mencegah disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi ditandai dengan ketidakmampuan pria untuk mempertahankan ereksinya ketika berhubungan seks. Penyebabnya beragam, peredaran darah yang tidak lancar adalah salah satunya. 

Bawang putih bisa melancarkan peredaran darah. Jadi, kamu bisa mengonsumsi bawang secara rutin sebagai upaya mencegah disfungsi ereksi.

Tanda Masalah Kesuburan

Tidak selalu dengan pemeriksaan, masalah kesuburan bisa diidentifikasi lewat gejala-gejala tertentu. Menurunnya gairah seksual contohnya. Jika kamu tidak bergairah secara seksual dalam waktu lama, bisa jadi ada masalah pada produksi hormon testosteron. 

Dari segi fisik, masalah reproduksi bisa ditandai dengan penis yang nyeri, bengkak, atau muncul benjolan di area testis. Namun, tanda ini tidak selalu mengindikasikan masalah kesuburan. Seringnya karena disebabkan infeksi. 

Selain mengonsumsi bawang putih, jaga kesehatan reproduksi dengan rutin minum vitamin.

Referensi:
  • https://www.halodoc.com/artikel/bawang-putih-berkhasiat-pada-kesuburan-pria-ini-faktanya
  • Healthline. Diakses pada 2022. Can Garlic Improve Your Sex Life?
  • Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 6 Surprising Ways Garlic Boosts Your Health

Source of Writing: Rahmad Widodo

Tidak ada komentar