Breaking News

10 Tren Facebook Yang Perlu Anda Ketahui Di Tahun 2023

10 Tren Facebook Yang Perlu Anda Ketahui Di Tahun 2023 [INFOGRAFIS]
10 Tren Facebook Yang Perlu Anda Ketahui Di Tahun 2023

GoldcaptainSebagai salah satu platform iklan media sosial terbesar—jika bukan terbesar—, ada banyak hal yang harus diimbangi Facebook jika bisnis ingin sepenuhnya memanfaatkan semua yang ditawarkannya.

Apa yang sedang tren di Facebook? Apa saja tren yang sedang naik daun di sana dan yang lebih penting, apa yang menunjukkan potensi sebagai tren Facebook teratas di tahun 2023?

Jika Anda sedang mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami telah mengumpulkan beberapa tren Facebook terpanas. Baca terus untuk mengetahui apa yang sedang tren di Facebook sekarang dan di bulan-bulan mendatang pada tahun 2023.

1. Facebook Live Kembali Mendukung

Salah satu tren Facebook terbesar di tahun 2023 kemungkinan besar adalah popularitas Facebook Live yang berkelanjutan .

Pada tahun 2020, ketika pemerintah di seluruh dunia memberlakukan penguncian dalam upaya mengekang penyebaran virus corona, konsumen beralih ke Facebook Live untuk dosis kontak sosial mereka. 

Laporan menunjukkan ada peningkatan penggunaan Facebook Live sebesar 26,9 persen dari tahun ke tahun pada Q2 2020 dan peningkatan sebesar 126 persen dalam empat bulan singkat.

Sejauh ini, semua tanda menunjukkan bahwa platform tersebut terus menjadi salah satu pilihan utama konsumen untuk menonton konten langsung pada tahun 2023. Menurut data terbaru, 42,6 persen orang dewasa AS menggunakan Facebook Live untuk menonton video langsung, menjadikannya yang terpopuler kedua. tujuan streaming langsung, setelah YouTube (eMarketer, 2021). 

Sebagai pemasar, jelas bahwa manfaat menggunakan Facebook Live untuk tetap berhubungan dengan pelanggan sangat luas. Lebih banyak merek juga diharapkan untuk mengikuti tren Facebook ini dan mengadopsi platform ini pada tahun 2023.

2. Ekosistem AR di Facebook

Dengan ukuran pasar Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang berkembang pesat ditetapkan mencapai $296,9 miliar pada tahun 2024, ini adalah salah satu teknologi yang berpotensi memengaruhi arah tren Facebook secara dramatis. 

Saat ini, studio Spark AR Facebook terbukti sangat populer di kalangan penggunanya. Hingga saat ini, lebih dari 600.000 pembuat dari 190 negara telah menggunakannya untuk membuat dan menerbitkan lebih dari 2 juta efek AR di Facebook dan Instagram (TechCrunch, 2021).

Bukan itu saja. Dengan rencana untuk mengembangkannya ke Facebook Messenger, pengguna akan segera menemukan lebih banyak kegunaannya. Melakukan hal ini akan memungkinkan peserta panggilan untuk menikmati efek AR bersama atau bahkan bermain video game selama panggilan berlangsung.

Mengingat seberapa cepat pengguna mengadopsinya dan popularitasnya yang meningkat pesat, ini kemungkinan akan menjadi salah satu tren Facebook terpanas di tahun 2023.

3. Pemasaran Video Facebook Tumbuh

Video telah lama ditetapkan sebagai jenis konten favorit konsumen untuk dilihat di media sosial. Maka tidak mengherankan bahwa di tengah meningkatnya permintaan video, video Facebook akan terus ditampilkan di antara strategi pemasaran teratas merek.

Sudah, tren Facebook terbaru menunjukkan peningkatan konten video yang dipublikasikan di platform. Persentase keseluruhan konten video pada Q3 2020 naik 2,6 persen dari tahun sebelumnya menjadi 28,8 persen (Socialbakers, 2020). 

Faktanya, setelah gambar, yang merupakan 70 persen dari semua konten Facebook, video telah menjadi jenis postingan terpopuler kedua di platform tersebut. Mereka saat ini membuat 17 persen dari semua konten di Facebook, mengalahkan tautan dan pembaruan status.

Jika ini adalah salah satu tren Facebook yang ingin Anda ikuti, ingatlah ini: dari semua durasi video, durasi antara 65 detik dan lima menit adalah yang terbaik.

4. Komunitas Pribadi yang Didorong oleh Minat di Antara Tren Facebook yang Meningkat

Tidak dapat disangkal kekuatan kepentingan bersama untuk menghubungkan dan menyatukan orang asing dari semua lapisan masyarakat dan dari seluruh dunia. 

Grup Facebook adalah bukti nyata akan hal ini. Setiap bulan, ada lebih dari 1,8 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan grup Facebook, yang dikelola oleh lebih dari 70 juta admin dan moderator (Facebook, 2021).

Sebagai merek, selain membuat grup Facebook Anda sendiri untuk berkomunikasi dengan pembeli, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk bergabung dengan grup lain untuk mendapatkan lebih banyak peluang interaksi. Menurut penelitian, sifat timbal balik dari kelompok ini, anggotanya yang tidak mementingkan diri sendiri, dan kesediaan mereka untuk membantu merupakan faktor yang mendorong popularitas mereka.

Sedikit kebaikan sangat bermanfaat, dan dengan begitu banyak kebaikan di grup Facebook ini, kami pasti dapat berharap ini menjadi salah satu tren Facebook teratas tahun 2023 — dan bahkan mungkin lebih.

5. Tren Facebook Termasuk Pengalaman Belanja Online

Dari tren Facebook yang ada dan yang akan datang, fakta bahwa ada satu yang terkait dengan pengalaman belanja online tidaklah mengejutkan. 

Selama bertahun-tahun, belanja online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan konsumen. Ledakan e-niaga akibat pandemi COVID-19 menciptakan peluang baru bagi bisnis online kecil. Untuk membantu merek memenuhi tren ini, Facebook meluncurkan Toko Facebook pada tahun 2020 untuk "mempermudah jual beli online". 

Tawaran untuk mendorong penjualan sosial di platformnya sejauh ini terbukti berhasil. Pada tahun 2023, penjualan perdagangan sosial ditetapkan melebihi $1 triliun untuk pertama kalinya, dengan pengguna Facebook memimpin. Tahun ini, Facebook akan terus menjadi platform social commerce teratas , dengan perkiraan sebanyak 65,7 juta pembeli (eMarketer, 2022). 

Dengan belanja online dan bahkan sosial yang memantapkan dirinya sebagai norma, perkirakan lebih banyak bisnis untuk memanfaatkan basis pengguna Facebook yang kuat sebanyak 2,99 miliar dan terjun ke Facebook Shops . 

6. Format Keterlibatan Terbaik: Posting Foto

Sebagai salah satu platform pemasaran media sosial teratas , penting untuk mengetahui apa yang sedang tren di Facebook. Ini melibatkan lebih dari sekadar mengetahui apa itu video atau meme terpanas. Ini juga tentang memahami perilaku konsumen di platform. Lebih khusus lagi, bagaimana mereka berinteraksi dengan format konten yang berbeda.

Data terbaru menunjukkan bahwa format postingan Facebook dengan engagement tertinggi adalah postingan foto. Posting semacam itu menerima tingkat keterlibatan 0,12 persen . Dengan kata lain, dari setiap 10.000 orang yang melihat postingan tersebut, rata-rata 12 orang akan berinteraksi dengannya—entah itu reaksi, komentar, atau berbagi (DataReportal, 2023). Sebagai perbandingan, tingkat keterlibatan rata-rata di semua jenis postingan adalah 0,07 persen. 

Posting status memiliki tingkat keterlibatan tertinggi kedua, sedikit lebih rendah di 0,11%. Dengan dua format kiriman ini menghasilkan interaksi paling banyak, tidak heran pakar media sosial mendorong lebih banyak kiriman dari kiriman semacam itu untuk menjalankan algoritme Facebook dan menonjol di platform. 

7. Tren Facebook: Potensi Chatbots

Konsumen saat ini menginginkan hal-hal yang cepat dan mudah, dan itu tidak hanya mencakup pengiriman produk tetapi juga komunikasi mereka dengan bisnis.

Di sinilah industri chatbot berkembang pesat dan akan terus berlanjut. Statistik terbaru menunjukkan bahwa pasar chatbot diperkirakan akan tumbuh dari $2,6 miliar pada tahun 2019 menjadi $9,4 miliar pada tahun 2024 (Business Insider, 2020). 

Bersamaan dengan itu, perkirakan semakin banyak bisnis untuk mulai menggunakan chatbots—ya, di atas 40 juta yang sudah ada di Facebook Messenger (ZDNet, 2020).

20 miliar pesan yang mencengangkan dikirim antara konsumen dan bisnis setiap bulan di Messenger, menjadikannya salah satu saluran komunikasi bisnis paling populer. 

Facebook juga terus berupaya meningkatkan pengalaman perpesanan untuk bisnis dan konsumen. Fitur-fitur terbarunya termasuk memungkinkan konsumen untuk membuat janji melalui Messenger dan bisnis untuk menyiapkan kampanye perolehan prospek di Messenger itu sendiri. 

Dengan begitu banyak keuntungan, penggunaan chatbots dan Facebook Messenger sendiri untuk bisnis dan penjualan kemungkinan akan menjadi salah satu tren Facebook teratas di tahun 2023.

8. Dukungan Facebook untuk Usaha Kecil

Usaha kecil termasuk yang paling terpukul oleh penurunan ekonomi yang dipicu oleh pandemi virus corona. 

Menurut sebuah survei , hampir satu dari tiga usaha kecil dan menengah mencantumkan akses ke kredit untuk mengurangi arus kas sebagai salah satu masalah yang mereka alami.

Maka dalam upaya membantu, Facebook mengumumkan akan memberikan dukungan finansial bagi para pedagang tersebut. Ini datang dalam bentuk hibah senilai $100 juta kepada 30.000 bisnis di seluruh dunia untuk membantu mereka selama masa percobaan (Mother.ly, 2020).

9. Tren Facebook: Topik Terbesar 2023

Jika Anda serius ingin unggul di Facebook, ini adalah salah satu tren Facebook yang perlu Anda perhatikan lebih lanjut. Ketepatan topik tertentu surut dan mengalir seiring waktu. Memahami apa yang saat ini mendorong percakapan adalah kunci untuk membangun identitas merek Facebook yang dapat dihubungkan dengan pengguna. 

Menurut sebuah studi oleh Meta , yang menganalisis lebih dari empat juta pertukaran global, isu terbesar yang akan membentuk percakapan pada tahun 2023 adalah identitas eksplorasi, hubungan halus, aspirasi tegas, dan nilai hidup (Meta, 2023).

Merek yang mengikuti tren Facebook ini ingin memikirkan kembali pendekatan mereka di platform. Misalnya, memanfaatkan keahlian merek Anda dan memberikan kiat untuk topik seperti kesehatan mental, kebugaran, dan keuangan dapat menginspirasi dan mengangkat. Menyoroti nilai-nilai yang Anda perjuangkan dan melakukan bagian Anda sebagai anggota komunitas juga dapat membuat Anda lebih autentik dan mendorong penjualan. Lagi pula, statistik branding terbaru menunjukkan bahwa sebanyak 77 persen konsumen membeli dari bisnis yang memiliki nilai yang sama.

10. Penggunaan Hashtag Untuk Meningkatkan Jangkauan

Pertama kali diperkenalkan di Twitter lebih dari satu dekade yang lalu, tagar telah melampaui platform dan bahkan melampaui media sosial. Saat ini, situs-situs termasuk Instagram, LinkedIn, dan bahkan Facebook sendiri telah menerapkan penggunaannya.

Tapi Facebook tidak hanya berhenti di situ. Baru-baru ini, sedang berupaya memperluas fitur hashtag untuk membantu pengguna meningkatkan jangkauan konten mereka dan mendorong lebih banyak keterlibatan (Media Sosial Hari Ini, 2020). 

Lebih khusus lagi, ini memperkenalkan daftar hashtag yang direkomendasikan berdasarkan teks prediktif sebagai saran hashtag untuk pengguna. Ini akan mencakup jumlah postingan yang berisi tagar yang sama dengan yang saat ini ada di Facebook. 

Karena ini masih diuji, kemungkinan peningkatan fokus pada tagar hanyalah awal dari upaya Facebook untuk lebih memanfaatkan potensinya. Ke depan, ada kemungkinan besar bahwa tagar akan menjadi salah satu tren Facebook yang naik paling cepat di tahun 2023.

Kesimpulan

Biasa disebut raja media sosial, jelas bahwa pemerintahan Facebook akan tetap ada. Sebagai sebuah bisnis, taruhan terbaik Anda adalah mengikuti tren Facebook ini dan menggunakannya untuk menyusun strategi pemasaran dan periklanan Anda.

Kami berharap daftar tren Facebook ini dapat memandu upaya pemasaran media sosial Anda ke depan dan membantu Anda mengembangkan bisnis di tahun 2023 dan seterusnya.

Ringkasan: Tren Facebook 

Berikut ringkasan tren Facebook yang perlu Anda ketahui di tahun 2023:
  1. 42,6 persen orang dewasa AS menggunakan Facebook Live, platform streaming langsung video terpopuler kedua.
  2. Lebih dari 600.000 kreator dari 190 negara telah menggunakan Spark AR Studio Facebook untuk menerbitkan lebih dari 2 juta efek AR.
  3. Persentase keseluruhan konten video Facebook pada Q3 2020 naik 2,6 persen dari Q3 2019.
  4. Harapkan grup Facebook semakin populer pada tahun 2023. Sudah ada lebih dari 1,8 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan grup Facebook.
  5. Lebih banyak konsumen akan berbelanja di Facebook pada tahun 2023, platform perdagangan sosial teratas dengan 65,7 juta pembeli yang diharapkan.
  6. Posting foto menerima tingkat keterlibatan tertinggi dari semua jenis posting Facebook.
  7. Ada 40 juta bisnis yang menggunakan Facebook Messenger untuk berkomunikasi dengan konsumen dan diperkirakan akan terus berlanjut.
  8. Kami mungkin melihat lebih banyak dukungan untuk bisnis kecil oleh Facebook di atas hibah senilai $100 juta yang diluncurkannya.
  9. Identitas eksplorasi, hubungan yang halus, aspirasi tegas, dan nilai-nilai hidup akan mendorong percakapan di Facebook pada tahun 2023.
  10. Dengan upaya berkelanjutan untuk memanfaatkan potensi hashtag, perkirakan penggunaannya di Facebook akan meningkat pada tahun 2023.
Source of Writing: Reza Angsa Kecil

Tidak ada komentar