Breaking News

Maafkanlah Siapapun yang Telah Menyakitimu, Sungguh Hidup Tanpa Kebencian Itu Amatlah Mendamaikan

Indahnya Memaafkan
Memberi maaf kepada orang yang telah menyakiti kita tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun satu hal yang perlu kita tahu, bahwa rasa sakit yang didiamkan bersamaan dengan rasa benci akan menimbulkan kegalauan. Mengapa? Sebab yang membuat kita sakit tidak henti-hentinya itu bukan karena dia yang menyakiti terlalu kejam, tetapi karena hati kita yang tidak bisa memaafkan. Maka, belajarlah memaafkan orang yang telah melukai-mu, sebelum luka itu menjadikan hidupmu semakin rumit. 

Berusahalah Menjadi Pemaaf, Terlebih Pada Dia yang Sengaja Menyakitimu
Jadilah pemaaf untuk hal-hal yang menyakitkan, terlebih dia yang sengaja menyakiti-mu. Balas-lah ia yang memang sering menyakitimu dengan kebaikan, sulit? Ikhlas dalam memberi maaf kepada yang menyakiti itu memang sangatlah tak mudah, namun percayalah saat kamu berlaku demikian pasti akan ada balasan luar biasa dari Allah.

Ketahuilah, Menyimpan Dendam Lama-lama Itu Hanya Akan Membuat Hatimu Terluka Lebih Lama 
Lantas ketahuilah wahai diri, menyimpan dendam lama-lama itu hanya akan membuat hatimu terluka lebih lama, maka lebih baik maafkan saja dia yang menyakiti-mu. Tundukkan hatimu, jangan selalu menyalahkan orang yang telah menyakiti-mu, meski benar dia telah berlaku tak pantas tapi kamu harus mampu memerangi ego-mu agar tetap bisa bersabar.

Mustahil Manusia Tidak Punya Salah, Sebab Itulah Mengapa Kamu Harus Rendahkan Hatimu Untuk Ikhlas Memberi Maaf 
Bertindaklah bijak menghadapi orang yang menyakiti-mu, jangan membenci dan jangan juga mendendam, agar luka-mu tak berkelanjutan. Belajar memaafkan, sesakit apapun rasa sakit yang mengkoyak hatimu, kau harus sadar bahwa musahil manusia tak punya salah, sebab itulah mengapa kau harus rendahkan hatimu untuk ikhlas memberi maaf.

Allah Saja Maha Pengampun Lagi Maha Pe-maaf, Masak Kamu Sebagai Hambanya Tidak? 
Karena Allah saja yang merajai dunia dan seisi-nya maha pengampun lagi maha pemaaf, masak kau sebagai hambanya tidak? Apa yang mau kau sombongkan? Sedangkan kau bukan apa-apa tanpa kekuatan dari Allah. Maka, saat ada orang yang menyakitimu tetaplah bersabar dan tenang, tidak usah berniat untuk membalasnya, karena pasti rasa sakitmu Allah yang akan membalaskan-nya, dan kau harus percaya pada kebesaran Allah.

Pasrahkan Saja Semuanya Kepada Allah, Karena Itu Lebih Baik dan Akan Membuatmu Lebih Tenang
Maka, jika orang lain membuat-mu marah dan kecewa maafkanlah, kamu tidak usah berbuat apa-apa, pasrah-kan saja kepada Allah, karena Allah selalu adil dalam memberi pembalasan. Allah akan membalas rasa sakit yang kau rasakan saat ini, maka kamu tidak usah bersusah-susah mengkotori hatimu dengan kebencian dan dendam, karena ketidak bisaan-mu memberi maaf. Lagipula saat kamu pasrahkan semuanya kepada Allah dengan lapang dada, maka disitu-lah hidupmu akan senantiasa tenang, meski orang lain pernah menyalahi ketenangan-mu.

Tidak ada komentar