Breaking News

(AdSense) Cara Mengatasi Layar Android Yang Beroperasi Sendiri (Ghost Touch)


Sampai jumpa kembali kapten, sekarang saya mau berbagi tips cara mengatasi layar hp android yang sering gerak-gerak sendiri, mencet-mencet sendiri, padahal kapten tidak menyentuh nya, layar hp android yang sering beroperasi sendiri biasanya di sebut juga dengan nama Ghost Touch. 

Keren ya namanya ghost touch, ghost artinya hantu, touch artinya menyentuh, berarti kalau di gabung-in jadi hantu menyentuh haha.....

Pertama kali hp android saya mengalami hal tersebut, pada awalnya saya berfikir memang ada makhluk halus atau hantu yang mengganggu dengan menyentuh layar hp android saya haha.. 

Kebetulan saya sebagai publiser AdSense hal ini sangat mengganggu sekali, karena akibat ghost touch ini saya sangat di rugikan dan pada akhirnya saya sering kena suspend oleh adsense, karena hp saya mengeklik-ngeklik iklan yang saya buat sendiri, sebab mengeklik iklan sendiri adalah larangan serius bagi publiser adsense yang bisa berakibat banned permanen.

Itulah sebabnya saya coba nulis artikel ini tentang dan penyebab ghost touch, supaya tidak terjadi pada kalian yang barangkali jadi publiser adsense juga.

Ghost touch ini terjadi tidak hanya di smartphone android merek- merek local yang kurang terkenal tetapi terjadi juga di beberapa merek terkenal, kebanyakan smartphone android menggunakan tipe layar kapasitif maka ketika terjadi masalah ghost touch atau kurang responsif, banyak yang mengira itu terjadi karena kerusakan layar atau LCD, bahkan di beberapa grup atau forum ada yang menyarankan untuk mengganti layar LCD, akan tetapi permasalahan layar android yang sering gerak- gerak sendiri itu bukan secara pasti terjadi karena kerusakan LCD karena beberapa hal lain juga.


Apa saja yang bisa menyebabkan layar Android beroperasi sendiri/ghost touch dan bagaimana solusinya?

  • Kerusakan pada baterai ataupun baterai kehabisan daya. Karena kebanyakan ghost touch terjadi di saat-saat baterai di android mau habis, jadi solusinya segera isi kembali baterai smartphone kapten, akan tetapi bila di smartphone android kapten terjadi permasalahan ghost touch di saat keadaan isi baterai masih banyak, dan lihatlah apakah baterai kapten melembung?, maka solusinya gantilah baterai dengan yang baru. 
  • Kerusakan pada Charger. Karena ada juga yang mengalami layar smartphone androidnya gerak-gerak sendiri di saat melakukan charger hal ini biasanya terjadi karena kapten menggunakan charger yang tidak ori atau asli bawaan hp, kalaupun itu charger ori berarti chargernya memang sudah tidak layak lagi untuk di gunakan, solusinya beli charger baru usahakan yang ori ya kapt. 
  • Kondisi layar yang sedang panas. Layar touchscreen memiliki batas toleransi panas agar bekerja secara normal, biasanya di luar smartphone kapten terasa agak panas, tetapi di dalam panas sekali, solusinya henti-kan pemakaian beberapa saat agar suhu kembali normal, atau cara lain yang tidak saya anjurkan adalah dengan memasang spreader tambahan dari tembaga di bagian dalam casing hal tersebut untuk meredam panas. 
  • Kerusakan pada layar/LCD. Ada juga layar android nya loncat-loncat sendiri, karena kena air atau kehujanan, karena hanya hp-hp yang tahan air saja yang bisa bertahan saat kehujanan, solusinya ganti LCD atau touchscreen. 
  • Kondisi pelindung layar/Screen Guard/Screen Protektor yang kotor. Solusinya lepaskan pelindung layar kemudian bersihkan layar dan ganti pelindung layar dengan yang baru. 
  • CPU dan Ram bekerja secara berlebihan. Solusinya kurangi multitasking, maksudnya jangan kebanyakan membuka aplikasi secara berlebihan di smartphone sobat, hal tersebut membuat performa jadi tidak stabil dan mengakibatkan ghost touch. 
  • Bugs pada Rom/software. Solusinya Upgrade rom nya ke yang terbaru dan lebih stabil dan pastinya yang sesuai dengan smartphone kapten atau bisa juga dengan mencoba dulu factory data reset. 


Demikianlah cara terbaik dalam mengatasi layar android yang sering beroperasi sendiri, mudah-mudahan apa yang saya tulis bisa membantu kalian dalam mengatasi hp android yang bermasalah. Kurang lebihnya bisa di sampaikan di komentar, Terima kasih.

Tidak ada komentar