Breaking News

Kopi Meningkatkan Fungsi Otak dan Memperbaiki Mood Juga Fungsi Saraf bahkan Menambah Energi

Banyak rumor tentang kopi yang simpang siur di masyarakat mengenai manfaatnya bagi kesehatan. Dari yang baik hingga yang buruk, dari obat kanker hingga penyebab stroke. Hal ini butuh penelitian lebih lanjut, hingga saat ini penelitian masih terus berlangsung. Berikut manfaat kopi bagi kesehatan yang sudah ditemukan oleh para ahli:

Meningkatkan Fungsi Otak dan Memperbaiki Mood 

Manfaat kopi bagi otak sangat banyak, karena kopi mengandung kafein. Kafein yang terdapat pada kopi dapat membuat otak Anda bekerja lebih baik. Anda dapat mengingat lebih tepat, memproses informasi lebih cepat, dan lebih fokus. Kafein dengan cepat meningkatkan fungsi otak, karena itu rasa kantuk Anda seolah hilang setelah meminumnya.
Kafein, adalah zat stimulan yang paling umum dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Setelah Anda meminum kopi, kafein yang diserap oleh tubuh Anda akan menghambat hormon adenosin. Dengan terhambatnya adenosin, produksi dopamin dan norepinefrin jadi bertambah. Dopamin mempengaruhi mood sehingga Anda lebih ceria, sementara norepinefrin dapat meningkat denyut jantung Anda.


Meski kafein bersifat stimulan, zat ini tidak berbahaya untuk dikonsumsi karena tidak menyebabkan halusinasi. Tidak seperti kokain atau ekstasi yang lama kelamaan memperburuk fungsi otak, mengkonsumsi kafein dalam batas wajar dapat membuat otak dan mood Anda lebih baik.

Stimuli Fungsi Saraf dan Menambah Energi 

Kafein, membuat tubuh kita memproduksi ephinephrin, adrenalin dalam darah, sehingga memberi stimulus pada sistem saraf. Kafein meningkatkan metabolisme dalam tubuh dari sebanyak 3-11% lebih baik.
Untuk melakukan proses perubahan ini kafein menggunakan energi dari lemak darah. Karena itu tubuh akan terasa berenergi dan bersemangat.
Manfaat kopi bagi kesehatan saraf dan tubuh sangat banyak, sehingga disarankan minum kopi hitam tinggi kafein sebelum berolah raga. Syaratnya adalah tidak menambah gula, karena gula akan berubah menjadi energi dan membuat lemak darah tidak terbakar sempurna.
Banyak sekali manfaat kopi bagi kesehatan, jika diminum dengan cara penyajian yang benar. Idealnya minum kopi hitam pahit adalah yang terbaik, karena banyak manfaat untuk kesehatan namun bisa menjadi tidak sehat karena tercampur zat lainnya.

Tidak ada komentar