Breaking News

Cara Menjinakkan Bajing Kelapa Yang Baru Beli, Padahal Sudah Jinak Setelah Dibawa Pulang Jadi Liar

Cara Menjinakkan Bajing Kelapa Yang Baru Beli, Padahal Sudah Jinak Setelah Dibawa Pulang Jadi Liar
Yang pertama saya sarankan, jika ingin memelihara bajing sebaiknya peliharalah yang masih bayi atau anakan, karena akan lebih mudah untuk dijinakkan. Akan tetapi jika anda Terlanjur sudah membeli bajing kelapa yang sudah jinak dari penjual, namun setelah dibawa pulang kerumah jadi liar.

Itu sudah pasti, karena Bajing kelapa adalah binatang Pintar dan cerdas, ehm,,, emang kecil heh jgn lihat kecilnya, juga jangan ngremehin kemampuan otaknya. Mungkin kamu heran gimana hewan yang suka lompat sana sini ini bisa dibilang pinter, Kenyataannya, Bajing tuh pinter banget, walaupun mereka emang cuma pinter dalam satu hal aja: ngumpulin makanan. Otak bajing bisa beradaptasi dengan unik soal makanan, mulai dari gimana ngedapetinnya, ngumpulinnya, sampe nyimpen si makanan. Bahkan memori bajing soal makanannya tuh super kuat loh. Dan Indra penciuman Bajing sangat tajam, Udara akan melewati hidung bajing hingga mencapai area kulit yang mengandung reseptor bau. Partikel bau terikat pada silia yang terdapat di reseptor bau dan neuron olfaktorius, sehingga memicu reaksi saraf pada bajing, bajing juga memiliki organ penciuman lain yang disebut organ vomeronasal. Organ ini terletak di bagian bawah rongga hidung dekat septum. Ketika bajing membaui, partikel aroma mencapai organ vomeronasal. Organ ini membantu bajing mendeteksi feromon untuk membedakan antara dua anggota yang berbeda dari spesies bajing yang sama.

Karena kecerdasan dan daya ingat yang dimiliki si bajing kelapa tidak akan mudah untuk melupakan juragan/pengasuh lama nya, inilah faktor mengapa si BK (bajing kelapa) jika ganti pengasuh/juragan baru jadi terlihat liar bahkan tak segan untuk menggigit dan berontak. Tapi jangan kuatir semua itu perlu proses dan ketelatenan untuk menjadikan si BK jadi kalut kembali seperti saat bersama juragan lamanya, semua itu perlu proses dan adaptasi kata master bajing/ahlinya (fb) MAS ARI SURYO

✍Gunakan sarung tangan, karena bajing  tidak segan untuk menggigit anda♽

Caranya:
  1. Mandikan dulu bajing yang baru anda beli, usahakan mandikan bajing setiap 2 hari sekali sampai bajing menjadi jinak baru diteruskan setiap 1 minggu sekali. Karena semakin bajing sering dimandikan akan membuat bajing semakin jinak. tapi ingat setelah di mandikan harus segera di hangatkan biar gak fatal/mati
  2. Lakukan proses pengenalan, dengan cara memasukkan tangan anda kedalam kandang setiap hari, sesekali juga anda beri pakan bajing menggunakan tangan... kalau ada dgn memberi makan buah durian sebab durian lengket di tangan dan sangat di sukai BK(bajing kelapa) dgn rasanya yang enak dan bau yang bikin tertarik hewan ini. Lakukan cara ini setiap hari.. dan jangan lupa sebut dan panggil namanya,,, (biasanya kalo bk kalut itu sudah punya nama)
  3. Untuk membiasakan bajing dengan anda, anda bisa memasukkan baju anda yang habis dipakai yang bau keringat ke dalam  kandang. Tujuannya agar bajing terbiasa dengan bau tubuh anda serta melupakan memori ingatan keringat juragan lamanya, dan agar bajing menjadi cepat jinak. Lakukan cara ini setiap hari.
  4. Masukkan tangan anda kedalam kandang dan cobalah untuk memegang bajing, biarkan reaksi bajing mau menggigit atau mau apapun tetep pegang bajing dengan cara di genggam sampai beberapa menit kemudian lepaskan. Pegang lagi kemudian lepaskan lagi, lakukan terus sampai bajing merasa terbiasa dan akhirnya memilih untuk tidak mengigit lagi, (tipsnya Jangan takut dan ragu untuk memegang Kata masternya) MAS ARI SURYO
  5. Jika anda telaten dan rutin untuk menjinakkannya, pada akhirnya bajing pun akan menjadi jinak.. asalkan sabar. Setelah jinak anda bisa mulai menjinakkannya di luar kandang. Pada saat menjinakkan bajing diluar kandang pastikan pintu dan jendela dalam keadaan tertutup agar bajing tidak kabur.
  6. Terus biasakan bajing anda dengan manusia dan lingkungan sekitar maka lama kelamaan bajing pun akan jinak dengan sendirinya.

Semoga sedikit info ini bisa bermanfaat,terimakasih salam pemalu (pecinta mamalia lucu)


Tidak ada komentar